Sosialisasi Netralitas ASN Purwakarta Dalam melaksanakan Pemilihan Umum Dan Pemilihan Tahun 2024

SOSIALISASI NETRALITAS  ASN PURWAKARTA DALAM PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM DAN PEMILIHAN TAHUN 2024

PURWAKARTA, BKPSDM.  Pada hari Rabu tgl 11 Oktober 2023 pukul 08.30 Wib sampai dengan selesai bertempat di Hotel Harper Bungursari Jl. Raya Bungursari No. 122 Kec. Bungursari Kab. Purwakarta dilaksanakan kegiatan sosialisasi Netralitas ASN Purwakarta dalam pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Tahun 2024. Kegiatan diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Sumber Daya Kemanusiaan (BKPSDM) Kab. Purwakarta. 

Dalam Laporannya H. Wahyu Wibisono (Kepala BKPSDM Kab. Purwakarta) menyampaikan bahwa masalah  Netralitas ASN telah kami beritahukan kepada ASN/Non ASN,  ini sesuai  surat edaran dari Menpan RB yang secara administrasi diteruskan kepada teman-teman di OPD. Kemudian selanjutnya BKPSDM melalui Bupati Purwakarta sudah membuat surat edaran terkait netralitas ASN. Untuk itu pada kesempatan ini kita  melaksanakan ikrar netralitas ASN yang disaksikan oleh Forkopimda dan pengarahan dari KASN. Dan  di realisasikan oleh  para kepala OPD dalam menandatangani Fakta Integritas. Ujarnya.

Drs. Benni Irwan, M.Si, MA (PJ. Bupati Purwakarta) turut menyampaikan Terimakasih atas kehadiran semua, “ saya memandang kegiatan ini sangat penting bagi kita semua terutama bagi ASN dilingkup Kab. Purwakarta. Seperti kita ketahui Tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilihan Presiden dan Pilkada. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan sangat penting dan kita perlu mempersiapkan langkah dan persiapan agar Pemilu dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan. Pemerintah telah mematok 4 Indikator bagaimana pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik, kegiatan ini tidak bisa dilaksanakan sendiri. 4 Indikator tersebut  adalah kita harus bisa memastikan penyelenggaraan pemilu harus sukses dan lancar, KPU, Bawaslu dan semua elemen kita harus bergotong-royong. Kemudian soal Anggaran untuk penyelenggaraan pemilu sudah sesuai aturan sebanyak 40% untuk Tahun 2023 sudah kita realisasikan dan di Tahun 2024 sebanyak 60% sudah kita anggarkan. Apabila teman-teman KPU membutuhkan gudang untuk logistik kita akan fasilitasi. Kita juga harus memastikan adanya peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengikuti proses pelaksanaan pilpres dan pilkada. Saya berharap tidak ada konflik sosial di tengah masyarakat dan menjadi beban kita bersama untuk memastikan hal-hal yang tidak kita inginkan. Meskipun kita memasuki jalannya roda pemerintahan dan pelayanan publik tetap berlangsung jangan sampai terganggu. Kegiatan yang sudah direncanakan dan sudah ada anggarannya harus dilaksanakan. Intinya kondusifitas ketertiban dan kelancaran pesta demokrasi harus tetap terjaga dan harus dipastikan tetap berjalan. Saya himbau seluruh OPD, kecamatan dan kelurahan harus  mempunyai tanggungjawab yang sama untuk menjaga Kabupaten Purwakarta yang kondusif dan saya mohon dukungannya. Mudah-mudahan kegiatan ini bukan seremonial saja dan hasilnya akan kita lihat kedepan dan saya akan mengawalnya langsung “, tegasnya.

Berikut isi  Ikrar Netralitas ASN Pada Pemilu Tahun 2024 :
1. Menjaga dan menegakkan prinsip netralitas pegawai ASN di instansi masing-masing dalam melaksanakan fungsi pelayanan publik baik sebelum, selama, maupun sesudah pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024. 
2. Menghindari konflik kepentingan, tidak melakukan praktik-praktik intimidasi, dan ancaman kepada Pegawai ASN dan seluruh elemen masyarakat serta tidak memihak kepada pasangan calon tertentu. 
3. Menggunakan media sosial secara bijak dan tidak menyebarkan ujaran kebencian serta berita bohong. 
4. Menolak politik uang dan segala jenis pemberian dalam bentuk apapun.

Turut hadir dalam kegiatan ini antara lain Drs. Benni Irwan, M.Si, MA (PJ. Bupati Purwakarta) , Norman Nugraha (Sekretaris Daerah Kab. Purwakarta) , Maria Ivone Tarigan (Perwakilan Komisi ASN) , Rohayatie, SH (Kepala Kejari Purwakarta) , Darma Indo Damanik, SH, M.Kn (Ketua PN Purwakarta) ,  Drs. Amril Mawardi (Ketua PA Purwakarta ) , Kapten Arm Wahyu Widodo (Danramil Bungursari) ,  AKP Apep YM (Danki Yon C Brimob) , Agus Salahudin (Kasubag TU Kemenag Purwakarta) , Siti Nurhayati (Komisioner Bawaslu Kab. Purwakarta) , dr. Susilo (Perwakian IDI Purwakarta) , Para Kepala OPD, Para Camat dan beberapa Tamu Undangan.         ( Yn )

Postingan Lainnya